Senin, 16 Februari 2009

Ulang Tahunku

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun yang ke-20, seorang teman kita dengan senang hati membagikan pengalaman2nya kepada temen-temen sekalian. sebut saja dia, Natasya...

Tanya : gimana, umur 20 tahun?
Jawab : apanya yang gimana? ya gitu ajahh.. awalnya sih merasa akan ada yang berbeda, tapi kok ga ada yang berubah yah? males tetep males.. hobi tidur tetep aja hobi tidur, ga nambah ga ngurang... umur 20 tahun, apa yaaa.. yaaahhh, 20 tahun.. pengennya jawaban yang gimana??? nanya aja ga jelas gituu..

T : Yah, gini deh, apa yang kamu harapkan di usia kamu yang 20 tahun ini?
J : Harapan yah? seandainya aja saya masih bisa berharap, mbak...

T : Lho? emang kenapa? udah ga bisa berharap?
J : Ga sih, asal jawab doang... jadi gimana tadi, berharap yah? eh, harapan maksudnya..
yahh, biasa lhaa, ingin jadi lebih baik.

T : (menghela napas) spesifik dunx..
J : kalem atuhh..ini juga lagi mikirr..

---diem beberapa saat---

T : ngetuk2 jari ke meja

---5 jam kemudian---

J : saya bosen akhh..dari tadi diem ajahh..

T : (menghela napaaaassss panjaaaaannnngg)ini sayah dari tadi diem teh nunggu jawaban anda..
J : (muka males, nguap)ooohh, kenapa ga bilang atuh dari tadi?? sayah juga dari tadi nungguin ditanya lagii.. habis udah lupa apa pertanyaannya..

T : (tangan di bawah meja, mencabik2 tissue dengan ganasnya) okkeee...jadii, apa harapan kamu di usia kamu yang ke-20 ini? (mendesis dalam hati, kalo jawabannya ga memuaskan, ga kan ada ulang tahun ke-21 buat lo,Neng!)
J : Harapan untuk diri sendiri, saya pengen bisa mengubah hidup saya dari yang tadinya berantakan jadi teratur. saya pengen saya hidup ga sekedar hidup, ngejalanin rutinitas yang itu2 lagi dan bikin bosen. saya pengen mulai memaknai setiap detik kehidupan saya dan bersyukur sama Tuhan. ya, ya, itu tuh point pentingnya, tolong dicatet yah, mbak, penting banget nih, saya pengen BISA DENGAN MUDAH MENSYUKURI SETIAP APA YANG UDAH SAYA TERIMA MAUPUN YANG AKAN SAYA TERIMA. dan lebih seneng lagi kalo bisa berbagi kebahagian karena telah bersyukur..

T : (tersenyum penuh haru, dalam hati bilang, mungkin dia denger rutukan gw tadi..) wah, dalem abiss.. ada harapan yang lain pastinyaa...
J : iya, saya masih pengen ngerayain ulang tahun saya yang ke-21, mbak..

---siiiinngggg---

T : lanjut.. itu tadi kan harapan untuk diri sendiri.. gimana dengan harapan untuk keluarga?
J : saya masih terlalu muda untuk berkeluarga, mbak (tersenyum malu) jadi, masih belum kepikiran juga sih.. mbak ini aneh2 aja deh ah, pertanyaannya.. (masih malu2)

T : (capee) maksud saya teh harapan untuk orang tua gituuhh..untuk kakak, adik... ada gaaakk???
J : (masih senyum) ooohh, ngobrol dunx... hahahaha, sangkain... untuk orang tua yah? hmmm... saya itu kemarin berharapnya papa mama ma dede bakal dateng tepat tgl 13. walaupun saya bilang ga usah dateng, dari lubuk hati yang terdalam, saya pengen banget ketemu mereka.. tapi yah, apa mau dikata, mereka baru bisa dateng 2 hari setelahnya. yah, seneng siihh, apalagi bisa pelukan sama mama. ini adalah hal yang sangat jarang terjadi dalam 15 tahun belakangan.. saya udah pengen nangis aja tuh pas pelukan ma mama... trus papa, sebenernya saya pengen lebih dari sekedar dikasih ucapan selamat n cium pipi.. saya juga pengen dapet pelukan dari papa..

---hening sejenak---

J : meski orang2 bilang saya ini dewasa, saya ga sedewasa yang mereka lihat. jauh di dalam sini (menunjuk diri sendiri) ada karakter seorang anak kecil yang duduk sendirian, nangis, nunggu papa mamanya dateng ngejemput. anak yang kangen sama pelukan hangat orang tuanya..

T : (mata mulai berkaca-kaca)
J : mungkin harapan saya untuk papa mama, cuma supaya mereka selalu sehat, jadi bisa meluk saya lebih sering (tersenyum sedih)

T : (dengan suara serak, nanya dengan hati2) hmmm, oke.. kalo untuk kakak ato adik gimana?
J : (pasang tampang lebih sedih lagi dan mata berkaca-kaca) kakak saya udah ga di sini lagi, mbak.. udah pergi ke tempat yang jauh.. tempat yang sulit terjangkau..

T : ya ampun, saya ga bermaksud untuk....(memandang dengan iba dan penuh sesal karena merasa udah mengajukan pertanyaan yang mengingatkan responden pada kakaknya yang telah tiada)
J : kakak saya masih hidup, teehhh.. ada d aussie sekarang, sekolah...

T : (salting, berasa bego) ohh, iya, maksud saya juga tadi gitu.. ya, jadi gimana?
J : saya itu, sama kakak kurang akur. dulu adanya berantem mulu.. uhh, pokonya nih mbak, saya anti deh ma kakak saya itu.. kalo dia pulang, bbeeeeuuuuuhhh...boro2 bukain pintu, keluar kamar aja ga! parah deh.. tau ga mbak, saya pernah mikir untuk kabur dari rumah saking keselnya ma dia.. euuhh, sumpah da itu mah, ya, ah, teuing lahh, kitu we pokona mahh.. musuh se musuh2nya!

---sambil makan snack---

J : trus saya keterima di FK UP, yang berarti saya kudu tinggal di asrama. harusnya saya seneng kan mbak, bisa pisah dari kakak saya itu? ya kan mbak? harusnya saya seneng kalo saya bener2 benci dia. tapi saya sedih mbak, harus ninggalin rumah, soalnya kakak saya juga bakal pergi dalam waktu dekat ke aussie...

J : saya baru sadar, selama ini, udah banyak banget waktu yang terbuang untuk berantem.. untuk hal ga penting.. dan terlalu sedikit waktu yang tersisa untuk membangun hubungan yang baik.. jadi, sekarang ini, kalo lagi kangen sama dia dan berharap ada respon yang memuaskan, sama aja dengan menggantang asap, mengukir langit.. kadang obrolan suka jadi kaku.. saya doang yang heboh kangen ma dia.. sedih juga klo perasaan kangen ga berbalas...

J : jadi, saya berharap, kakak saya di sana dalam keadaan baik. merasa senang ketika saya senang, tersenyum ketika saya menangis dan bahagia ketika saya menderita. intinya, saya pengen dia bahagia disana.. dan sebenernya, saya pengen bisa bilang aku sayang sama mas Diego, di umur saya yang ke-20 ini. doakan yaaahhh...

T : wiiddiiiihh.. seru abiss.. ga ngerti lagi deh .. hehehe.. oke, kalo tentang adiknya gimana?
J : Hhahaha, dede sayah mahh.. ke laut aja laahh.. wakakakaka.. gak deng, just kidding.. dia mah.. gimana yah? meski dia sering bilang, "Yah, kok mba' Sya pulang sihh?" pas dia mendapati sayah duduk santai bersama setumpuk komik, saya tau dia kangen banget sama saya. kalo malem gitu, pas saya masih baca komik, dan dia udah mau tidur, dia bakal bilang, "Mba', jangan baca terus atuhh.. ngobrol sama aku, cerita2.." biasanya saya bakal jual mahal dan terusin baca. udah gitu dia pasti bakal ngambek dan protes, "Sini balikkin komiknya! Ah, mba' Sya mah, buat apa pulang kalo cuma baca mulu kerjaannya.." baru deh saya tutup komik dan ngobrol seru sama dia..

J : harapan saya sih, dengan saya dipercaya sama Tuhan untuk jadi kakak cewe buat dia, saya pengen bisa jadi kakak yang baik, ngedukung dia, bantu dia, jadi contoh buat dia, ngajarin dia, supaya semua yang buruk yang pernah saya alami ga terulang di kehidupan dia..

J : Yah, mbak, intinya mah saya pengen keluarga saya bahagia.. biarin deh, saya menderita juga ga apa2.. saya rela nangis demi lihat senyum mereka... lebay gak siihh??

T : (bengong, kelamaan nunggu)
J : mbak.. masih mau nanya gak?? (berusaha menyadarkan si mbak2 reporter)

T : eh, oh, iya, mas, eh, dek.. maksudnya, neng.. ehm, mbak..
J : (ngambil segelas penuh air keras, bersiap ngebanjur reporter kalo masih belum sadar juga)

T : gimana sama temen2 di tempat baru?
J : two thumbs up buat mereka... tapi jempolnya pake jempol kaki ajahh... hehehehe.. gak, gak, beneran two thumbs up... mereka, semuanyah, best I ever had.. belum pernah merasa deket sama banyak orang sekaligus dengan kebersamaan yang kuat banget, kebersamaan yang beda dari pertemanan geng..kebersamaan yang dilandasi prinsip keluarga, (terutama di keluarga saya pribadi) we are family, family means gossipping together...

J : meski bercanda itu ada benernya, dari gossip itulah kita semua jadi deket satu sama lain dan meruntuhkan kotak2 yang ada dengan saling memperhatikan dan berbagi kegembiraan.. saya berharap, perayaan ulang tahun saya yang mereka persembahkan kemarin itu bukan jadi yang terakhir. meski selanjutnya ga semeriah itu, saya cuma pengen, kebersamaan yang udah terjalin baik ini akan terus dibawa sampe tua, sampe masing2 dari kita udah sibuk sendiri... we are family, family means together, meski jarak membentang, hati yang udah bersatu, ga kan gampang terpisahkan. semoga makin kompak, ga ada yang marahan apalagi sampe musuhan...

J : oia, mbak, boleh numpang bilang makasih kan? saya mau berterimakasih untuk semuanya, yang berpartisipasi dalam acara kemarin, baik yang hadir maupun gak... sejujurnya, kalian udah bikin saya merasa sangat disayang dan berharga..=')

J : meski dikata2in tante lah, udah tua lah, sampe ditumbalin jadi ketua TeKa ato apapun itu, saya sayang kalian semua, bener2 seperti sodara sendiri, saya udah anggep kalian adik2 saya.. ini jujur loh, dari dalam hati...

T : (terharu lagi...) wahh, sepertinya bahagia banget nih, di ulang tahun yang ke-20.. ada lagi yang mau disampaikan untuk pembaca?
J : yah, gitu ajahh siihh.. yah, paling juga mohon bantuan untuk semuanya, ingetin kalo ada yang salah, bantuin saya supaya bertahan di jalan yang benar.. (hahahaha) yah intinya mah, saya ga bisa menjadi baik tanpa bantuan dari semuanya.. kita saling dukung laahh... jujur dan komunikasi jadi hal penting yang bikin kita bisa terus bareng2 sebagai satu keluarga yang utuh...

kira2 gitu deh wawancara singkat dengan first lady KMK FK UP 2008..
sebelum kita mengakhiri posting ini, marilah kita berdoa, semoga apa yang udah kita baca dan sharingkan tadi bisa berguna untuk ujian (lhooo??) maksudnya untuk kebaikan kita bersama. semoga kita bisa mendapat ilmu sebanyak2nya dan ga ada hal yang sia2 dari yang telah penulis sampaikan..
berdoa menurut agama dan kepercayaan masing2, dipersilahkan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar